Menu
Properti Niaga

Jual Beli Rumah, Tanah, dan Properti di Area Solo

085712345216

Langenharjo, Grogol, Sukoharjo

Cara Membuat Taman Vertikal Yang Asri Dan Sejuk

Thursday, February 16th 2017.

Cara Membuat Taman Vertikal Yang Asri Dan Sejuk

Cara Membuat Taman Vertikal Yang Asri Dan Sejuk

Taman vertikal atau vertical garden (VG) merupakan taman yang dibuat pada bidang vertikal, baik hardscape maupun softscape. Pada umunya berisikan tanaman beserta dengan elemen yang lainnya seperti air terjun dan lain-lain.

Baru-baru ini konsep taman vertikal sedang banyak dikembangkan, terutama di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan ruang terbuka hijau di perkotaan semakin terbatas. Sehingga kebanyakan orang memilih konsep taman ini dengan media dinding atau tembok.

Fungsi utama dari taman vertikal itu sendiri tidak jauh dari taman pada umumnya. Yaitu menjadi sumber oksigen, mengurangi suhu udara serta sebagai ruang terbuka hijau. Pada dasarnya prinsip dari taman ini hampir sama dengan taman hidrolik, yaitu bercocok taman tanpa menggunakan tanah.

3 prinsip utama kehidupan sebuah taman yaitu, pupuk, air dan juga matahari. Sehingga dimanapun dan bagaimanapun caranya, ketiga hal tersebut harus ada. Bahkan di suatu tempat yang tidak mendapatkan sinar matahari pun bisa diberikan matahari buatan menggunakan bantuan lampu.

Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk membuat taman vertikal adalah semua jenis tanaman yang mempunyai sifat kuat, ringan namun tetap bisa menyimpan air di dalamnya. Media yang bisa digunakan untuk membuat taman vertikal ada 2, yaitu velt dari sabut kelapa dan juga nonwoven geotextile.

  1. Velt sabut kelapa
    Dibuat dengan bentuk menyerupai pipa dengan besar sekitar 50 cm dan ketebalan sekitar 30 cm. Keunggulannya adalah lebih unggul dalam menyimpan air dan juga lebih murah karena bahan yang digunakan semuanya dari dalam negeri.
  2. Nonwoven geotextile
    semua bahan yang digunakan adalah bahan impor sehingga harganya lebih mahal. Namun nonwoven geotextile bisa bertahan hingga 15 tahun.

Langkah-langkah membuat taman vertikal :

  1. Membuat konstruksi pada bagian belakang frame. Rongga yang dibutuhkan sekitar 7 cm dari dinding rumah anda. Hal ini bertujuan agar tidak langsung berhubungan dengan dinding karena akan membuat dinding menjadi lembab.
    Untuk ukuran frame, anda bisa menggunakan ukuran 0,5 m x 1 m, jangan terlalu luas, karena jika terlalu luas karpet yang digunakan bisa melengkung pada bagian tengahnya sehingga jatuhnya air akan menjadi tidak rata.
  2. Taruhlah media tanaman vertikal yang akan anda gunakan dengan 2 lapis. Jarak yang dianjurkan adalah 12 cm. Buatkah jahitan jelujur secara vertikal diantara lubang tadi agar media yang digunakan untuk menanam tidak jatuh atau melorot.
  3. Karpet yang digunakan tidak bisa langsung bisa terkaver dengan tanaman. Namun dengan seiring pertumbuhan tanaman, karpet yang digunakan akan tercover secara merata. Oleh sebab itu, gunakanlah tanaman yang mempunyai keseimbangan antara akar dan tajuknya.
  4. Setelah itu, masukkanlah tanaman tersebut ke dalam lubang yang telah dibuat. Pastikan tanaman telah mempunyai akar yang cukup bagus.
  5. Untuk pengairan, idealnya menggunakan sistem drip irigasi dengan jarak 3 meter dari bagian atas. Gunakan timer otomatis agar waktu penyiraman bisa disetel.

Selamat membuat taman vertikal untuk hiasan rumah anda.

 

Properti Terbaru

Sudah Laku
Rumah Bersubsidi di Sukoharjo
Sudah Laku
Perumahan Murah di Solo
Sudah Laku
Rumah Dan Tanah Dijual Di Solo